Postingan

Menampilkan postingan dari Desember 24, 2017

Polisi Moral dan Tuhan Pemarah

Dalam sebuah perdebatan yang diunggah di facebook, seorang yang mengatakan bahwa urusan perbuatan asusila yang dilakukan adalah dosa yang akan ditanggung secara pribadi-pribadi setelah kematian sehingga tidak perlu ada orang yang menjadi polisi moral, dijawab dengan keras oleh seorang pemuka agama. Dengan nada tinggi sang pemuka agama berkata “Enak saja mengatakan ditanggung pribadi-pribadi, emang kalau nanti tuhan murka karena maraknya tindakan asusila lalu menurunkan bencana alam yang mati cuma pelaku asusila saja? Yang baik-baik juga ikut mati tau!!!”.
Menyimak perdebatan itu, saya lalu sedikit memahami cerita yang sekitar akhir Desember 2017 viral di media sosial ketika seorang perempuan bernama Sri Mulyani yang menegur 2 orang laki-laki yang  disangka gay karena nampak bermesraan diatas motor saat lampu merah.  Selain cerita Sri Mulyani ini, sempat ramai tentang pasangan yang diduga sedang berbuat mesum digrebek warga, ditelanjangi dan diarak keliling kampung. Kejadiannya di Cik…

Menyoal Metode Uji Kompetensi Wartawan Indonesia

Menjadi wartawan di Indonesia kini disyaratkan untuk lulus uji kompetensi dibawah pengawasan Dewan Pers. Ada 3 tingkatan komptensi wartawan, yakni muda, madya dan utama. Lembaga yang bisa melakukan uji komptensi wartawan adalah organisasi profesi (PWI, AJI dan IJTI), Lembaga penerbitan pers dan perguruan tinggi yang kesemuanya ditentukan oleh Dewan Pers.  Biasanya uji kompetensi dilaksanakan dengan metode terstruktur yang dilakukan dalam kurun waktu 1 hingga 3 hari saja. Masing-masing perserta ujian diuji sesuai tingkatannya. Komptensi muda lebih kepada aspek teknis, Madya pada apsek perencanaan, sementara tingkat utama menekankan pada aspek yang lebih filosofis. Umumnya penilian hanya dari apa yang dapat dan tidak dapat dilakukan peserta uji kompetensi di hari ujian berlangsung.
Lalu, dapatkah pengujian yang hanya dilakukan dalam waktu demikian singkat dipergunakan untuk meyakinkan bahwa seorang wartawan berhak menyandang status kompeten?
Wartawan merupakan salah satu profesi yang…