Postingan

Menampilkan postingan dari Oktober 22, 2017

Indeks Demokrasi Indonesia Turun, Tanda Rezim Jokowi-JK Otoriter?

Indeks Demokrasi Indonesia mengalami penurunan dan pemerintahan dituding Otoriter. Demikian salah satu kesimpulan evaluasi kinerja pemerintahan Jokowi-JK selama 3 tahun yang disampaikan Fadli Zon, Wakil Ketua DPR RI. Mengutip data Badan Pusat Statistik (BPS), Fadli Zon mengatakan Indeks Demokrasi Indonesia tahun 2016 berada di angka 70,09 dari 100. Angka ini menurun dibandingkan IDI 2015 yang berada di angka 72,84 dan IDI 2014 sebesar 73,04.
Beberapa faktor diungkap sebagai penyebab, salah satunya soal ditetapkannya Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) tentang Organisasi Massa (Ormas). Penegakan hukum bagi pelaku ujaran kebencian di media sosial adalah faktor lain yang menunjukkan ada kecendrungan rezim Jokowi-JK otoriter.  Penegakan hukum tersebut menurut Fadli Zon menunjukkan ketidakadilan, karena yang diproses hukum hanyalah yang menyinggung yang berkuasa saja.
Argumentasi Fadli Zon soal Perppu Ormas menjadi penyebab penurunan Indeks Demokrasi  Indonesia memang cu…

Menyoal “Saktinya” Awu-Awu di Terminal Ubung Denpasar

Sebuah berita mengenai Terminal Ubung Denpasar Bali menjadi viral di media sosial. Isinya mengenai peringatan bagi siapapun yang datang ke Bali untuk berlibur jangan sampai masuk Terminal Ubung karena akan mendapatkan perlakuan tidak mengenakan dari sejumlah Awu-awu yang memaksa orang untuk naik bus Antar Kota Antar Propinsi (AKAP). Sebenarnya ini bukan cerita baru. Sejak beberapa belasan tahun silam soal prilaku awu-awu –sebutan mereka yang “ditugaskan” mencari penumpang oleh pengelola Bus AKAP-- sudah sangat merebak dan meresahkan. Awu-awu memang banyak yang kurang ajar, memaksa orang naik bus tertentu meski sudah menolak baik dengan cara halus maupun secara kasar.
Sebenarnya berlarut-larutnya berita buruk soal Awu-Awu ini, menjadi fenomena yang menunjukkan kalau mereka adalah orang-orang “sakti”. Kenapa dikatakan “sakti”, karena di Terminal Ubung hampir dipastikan setiap hari terdapat petugas dari dinas terkait dan juga aparat keamanan. Di tengah Terminal ada kantor untuk petugas…