Postingan

Menampilkan postingan dari Januari 4, 2009

Dimanakah Sebaiknya Pejabat Ber-rumah?

Kemewahan seringkali membuat manusia silau, lupa daratan. Merasa di hormati dan selalu dijadikan yang utama akan menjadikan mereka yang menikmatinya enggan beranjak dari posisi itu. Apalagi terbuka lebar kesempatan untuk menambah terus pundit-pundi kekayaan. Itulah yang membuat para pejabat Negara mulai dari lurah sampai presiden sangat enggan meninggalkan atau menanggalkan jabatannya.

Tidak ada yang bisa diharap banyak dari para pejabat yang begitu mencintai kekuasaannya. Selalu ingin mendapat fasilitas dan hidupnya selalu nyaman. Pejabat yang berumah di rumah jabatannya yang megah dan mewah hanyalah akan membuat penghuninya lupa pada makna perjuangan. Mereka sangat mungkin untuk terlena, lupa pada arah, tidak tahu sedang berada dimana dan apa sesungguhnya kewajiban mereka. Pejabat yang menikmati banyak fasilitas mulai dari mobil dinas, ruang kerja yang dipenuhi barang mewah sampai dengan kursi kerjanya yang empuk cenderung akan menjadi pengkhianat. Mengkhianati hati nurani nya dan m…

Tahun politik yang Masih Tanpa Logika

Tahun ini adalah tahun politik dimana ritual agama bernama Demokrasi akan digelar. Hiruk pikuk aksi acrobat para politisi sudah akan segera dimulai. Jalanan dan setiap pohon perindang dipinggir jalan harus ikut merasakan bagaimana nafsu para politisi untuk merebut simpati.

Politik dalam definisinya yang paling sederhana adalah cara untuk menggapai sebuah tujuan. Politik dalam tataran idealisme harusnya membawa kemakmuran dan kesejahteraan bagi semua. Jika ada politik yang membawa kesengsaraan atau kesejahteraan hanya pada sekelompok atau segelintir orang, maka dipastikan ada yang salah dari politik tersebut.

Demikian pula dengan demokrasi. Harusnya yang dituju adalah kesejahteraan dan kemakmuran bersama. Tetapi nampaknya demokrasi bisa menjadi tidak seindah harapan. Demokrasi justru lebih sering hanya sekedar alat bagi langgengnya kekuasaan yang menyengsarakan rakyat. Lha kok bisa?

Tidak mudah untuk mengurai sisi gelap demokrasi karena ia merupakan pengertian yang menyimpan banyak sekal…