Postingan

Menampilkan postingan dari Oktober 29, 2017

Menggugat Pasal-pasal Hukum Pidana Penghinaan

Kasus penghinaan dan pencemaran nama baik di era kemajuan internet saat ini menjadi sangat jamak. Yang terbaru adalah pengaduan dari Ketua DPR Setya Novanto yang melaporkan pemilik akun di media sosial karenamembuat meme tentang dirinya ketika dirawat di rumah sakit. Polisi pun telah mengambil tindakan atas pelaporan tersebut. Ada 32 pemilik akun yang diselidiki dan baru 9 saja yang akan diperiksa lebih lanjut. Kasus ini memunculkan kegusaran dikalangan masyarakat mengingat ada ketidakadilan yang tersaji karena hanya karena menyebarkan meme, seseorang harus berurusan dengan hukum.
Pasal-pasal hukum mengenai penghinaan dan pencemaran nama baik memang telah lama menjadi kontroversi. Pasal-pasal penghinaan ini sebenarnya sudah tidak relevan dalam sistem demokrasi.
Pencemaran nama baik termasuk bentuk penghinaan. Dalam penjelasan mengenai tindakan penghinaan disebutkan bahwa unsur adanya tuduhan kepada seseorang telah melakukan tindakan tertentu menjadi sangat penting. Seseorang disebu…

Revolusi ala Pemimpin Besar Partai Gerindra

Ketua Partai Gerindra Prabowo S menitipkan pesan melalui adiknya, Hasyim Djojohadikusumo kepada Anies Baswedan Gubenur DKI Jakarta yang baru saja dilantik. Isi pesan adalah mengharapkan Anies melaksanakan apa yang disebut oleh Prabowo sebagai Revolusi Putih. Karena disampaikan oleh seorang Ketua Partai Politik, Revolusi Putih tentu sepintas akan memiliki kaitan dengan urusan politik kekuasaan.
Dalam sejarah politik di dunia, Revolusi Putih adalah salah satu gerakan yang dicetuskan pemimpin Iran Shah Reza Pahlevi di era tahun 1970-an. Penyebutan warna putih dan Revolusi Putih berkaitan dengan harapan bahwa revolusi yang dilakukan Shah Pahlevi ini adalah tanpa darah. Dicetuskannya revolusi putih saat itu sebagai upaya Shah Iran untuk mempertahankan kekuasaan setelah derasnya perlawanan dari barisan oposisi  yang dipimpin Ayatullah Khomeini. Shah Iran dituding sebagai pemimpin Iran yang diktator dan mengabaikan nasib rakyat Iran serta menjadi sekutu Amerika Serikat sehingga dianggap ti…