Negeri Ini

Banyak yang kita lupakan dari sejarah negeri ini. Ketika sebuah perjuangan penuh semangat pertama kali dikobarkan. Mungkin para penentang kolonialisme di nusantara pada jaman kerajaan belum memimpikan sebuah negara bernama Indonesia. Yang mereka perjuangkan adalah kebebasan semata, bukan demi berdirinya sebuah negara. Keinginan membentuk negara mungkin muncul dari intelektual pada masa-masa awal tahun 1900-an. Mereka adalah pelajar-pelajar yang mengenyam pendidikan yang lahir dari politik etis pemerintah Belanda. Indonesia kemudian menjadi sebuah negara yang jelas dibangun dari semangat besar para pendirinya untuk menuju rakyat nusantara yang hidup makmur berkeadilan.
Sampai kemudian negeri ini dikhianati oleh manusia-manusia yang dilahirkan dari tanahnya. Ketidakpedulian menjadikan negeri ini sengsara. Hilangnya "roh" jati diri nusantara menjadikan negeri ini "kering". Tiada lagi kesejukkan yang memberi kita ruang untuk meyakini bahwa negeri ini akan menjadi lebih baik dimasa datang.
Mengapa kita melupakan Siapa sesungguhya kita? Apa tanah dan air yang kita pijak dan memberi kita kehidupan sampai saat ini?. Bagaimana tanah dan air tersebut dipelihara oleh leluhur kita dimasa lampau? Kita sedang membiarkan diri kita semakin jauh terseret pada arus pengabaian kesejatian diri NUSANTARA. SADARLAH dan kembalilah kepada kesejatian diri NUSANTARA.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jawa-Bali, Persaudaraan yang tidak Boleh Putus

Miras dalam Tradisi Masyarakat Bali

Dibalik Gonjang-Ganjing Migrasi Siaran TV Analog ke Digital, Ini Soal Bisnis Bung!!!