Michael Jackson dan Mimpi tentang Dunia yang penuh Cinta Kasih

Saya tidak begitu mengenal sosok Michael Jackson (MJ), karena saya bukanlah penggemarnya. Tetapi MJ bagi saya adalah seorang penyanyi yang sangat gigih berbicara tentang kemanusiaan. Itulah yang membedakannya dengan penyanyi dunia lainnya dan membuat saya menaruh kekaguman kepadanya. Saya mengenal lagu-lagu MJ dari sebuah toko kaset didekat rumah saya di depan terminal Ubung Denpasar ketika saya masih duduk disekolah dasar di era tahun 1980 an. Yung, nama pemilik pemilik toko kaset sering memutar kaset dari album MJ dengan keras-keras layaknya pedagang kaset saat itu. Saya banyak mengenal lagu-lagu barat dari toko kaset yang sekarang ini sudah gulung tikar ini. Meski kemampuan bahasa inggris saya sangatlah minim, tetapi lagu-lagu MJ saat itu begitu akrab ditelinga saya. Salah satu yang paling saya suka adalah lagu "We Are The World". Saya begitu terkesan dengan lagu itu karena disamping tembangnya yang terasa pas, syairnya, meski dengan pemahaman bahasa inggris yang sangat kurang, sangatlah luar biasa. Belakangan, setelah berita seputar kematian MJ banyak dilansir media saya baru tahu kalau lagu we are The World bisa mengumpulkan donasi yang luar biasa banyak untuk menolong anak-anak yang membutuhkan saat itu terutama anak-anak di benua Afrika.

Ditahun 1990 an cerita tentang MJ kembali menyita perhatian terutama setelah lagu "Black or White" nya dirilis. Media yang saya akrabi saat itu semacam majalah HAI banyak mengulas tentang pembuatan Klip lagu yang mengusung pentingnya persamaan manusia tanpa membedakan warna kulit manusia itu. Yang saya ingat adalah konon teknlogi pembuatan Klip adalah yang tercanggih dan termahal saat itu. Bagaimana misalnya gambar di scene terakhir di klip "Black or White" yang bisa memunculkan wajah orang bergantian dengan trnasisi yang begitu halus. Saya melihat teknik seperti ini pada iklan HUT ke-14 Telkomsel yang sering diputar di televisi. Kemudian lagu MJ seperti "Heal The World" juga sangat saya sukai. Lagi-lagi tema kemanusiaan ada didalamnya yang membuat kekaguman saya terhadap MJ bertambah.

Saya menjadi sedih ketika pemberitaan tentang pelecehan seksual yang dilakukan oleh MJ menyebar dimedia. Meski tidak pernah terbukti, pemberitaan ini menurut saya cukup membuat citra MJ berkurang. Tetapi bagi saya sosok MJ tetaplah luar biasa. Saya belum mengenal sosok penyanyi di dunia ini sehebat MJ yang memiliki ketenaran luar biasa namun juga memiliki kepedulian terhadap persoalan kemanusiaan yang sangat luar biasa. Penyanyi lain boleh memiliki originalitas dalam berkarya, namun yang mau langsung terjun berperan aktif mengumpulkan dana besar untuk membantu sesama ya cuma MJ.

Ketika membaca running teks di Metro TV yang memberitakan kematian MJ saya tidak tahu persis perasaan saya bagaimana. Hanya bergumam kecil "Oh Michael Jackson meninggal". Ada rasa setengah tidak percaya dan berharap itu hanya berita yang tidak benar mengingat sebentar lagi MJ akan menggelar konser panjangnya. Akan menggelar konser berarti kesehatan MJ pastilah prima, jadi tidak mungkin meninggal. Tapi begitulah kenyataannya.Jacko demikian namanya MJ sering disingkat akhirnya memang benar-benar meninggal dengan banyak spekulasi penyebabnya.

Apapun itu, dunia telah kehilangan seorang sosok yang begitu luar biasa. Dunia pastilah kehilangan seniman besar yang juga memiliki kepedulian luar biasa pada masalah kemanusiaan. Sama seperti Jhon Lennon, kematiannya penuh misteri dan tragis. Dan Jhon Lennon juga memiliki kapasitas dalam mencipta lagu yang juga mirip dengan MJ terutama lagu "Imagine". Lagui-lagunya menyerukan perlunya manusia berpikir dengan penuh cinta kasih, melepaskan sekat-sekat yang memisahkan manusia dengan CINTA KASIH. Bahwa dunia ini hanyalah sedang berjalan pada kehancurannya ketika CINTA KASIH dihilangkan dari hati manusia.

Selamat Jalan MJ, doaku menyertaimu. Semoga mimpimu tentang dunia yang Indah segera engkau temui di alam yang lain, karena didunia ini sekarang sangat tipis kemungkinannya mencipta dunia seperti harapanmu. Cinta kasih telah banyak dibuang jauh-jauh oleh manusia-manusia modern karena mereka menganggapnya hanyalah nilai lama yang tidak lagi berarti. Bukankah uang dan materi mereka anggap telah cukup untuk membahagiakan mereka? Tetapi, meski telah tiada, nyanyikanlah lagu-lagumu melalui setiap desahan angin dan biarkan setiap hati manusia diterangi lirik-lirik lagumu yang mendamba kehidupan dunia yang lebih baik..

Komentar

Postingan Populer